SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 10 x 30 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya | Ciri-ciri khusus makhluk hidup A. Ciri ciri khusus beberapa jenis hewan | o Memahami peta konsep tentang makhluk hidup o Mempelajari ciri khusus : - Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi) - Kaki lengket pada cecak dan tokek. - Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut - Punuk pada unta. - Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu. - Semburan air ikan pemanah. - Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral). | o Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak o Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar) | Tugas Individu | Laporan | Tugas 1.1 Hlm.3 Tugas 1.2 Hlm.4 Tugas 1.3 Hlm.5 Tugas 1.4 Hlm.8 | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Buku atau majalah |
1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya | Ciri-ciri khusus makhluk hidup B. Ciri ciri khusus beberapa tumbuhan | o Memahami peta konsep tentang makhluk hidup o Mempelajari rongga udara pada teratai o Mempelajari kantung semar dan venus si pemakan serangga. o Mempelajari bau busuk bunga rafflesia o Mempelajari batang penyimpan air pada kaktus. | o Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai. o Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya. o Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya. | Tugas Individu | Uraian Objektif | Tugas 1.5 Hlm.9 Tugas 1.6 Hlm.10 Tugas 1.7 Hlm.11 Latihan soal Uji kompetensi | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Buku atau majalah |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 24 x 30 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia | Perkembangbiakan makhluk hidup A. Perkembangan dan pertumbuhan manusia. | o Memahami peta konsep tentang perkembangan tubuh manusia o bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan o Menjelaskan dengan diskusi tentang perkembangan manusia mulai dari: - Satu bulan - Delapan bulan - Lima tahun - Belasan tahun - Usia dewasa - Lanjut usia | o Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia | Tugas Kelompok | Laporan dan unjuk kerja | | 2 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan | Perkembangbiakan makhluk hidup B. Perubahan fisik tubuh manusia pada masa pubertas. | o Memahami peta konsep tentang perkembangan manusia. o Memahami saat remaja (16 – 20 tahun) laki-laki atau perempuan mengalami pertumbuhan yang pesat. o Mengetahui pertumbuhan primer dan sekunder pada laki-laki o Mengetahui pertumbuhan primer dan sekunder pada perempuan o Mengetahui cara menjaga kesehatan diri dan organ reproduksi. | o Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya. o Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi | Tugas Individu | Uraian Objektif | Tugas 2.1 Tugas 2.2 | 2 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
2.3 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan | Perkembangbiakan makhluk hidup C. Perkembangbiakan hewan. D. Perkembangbiakan tumbuhan. | o Mengerjakan tugas 2.3, 2.4, 2.5, 2.6, 2.7, 2.8 o Mengetahui cara hewan berkembangbiak - Membelah diri dan bertunas - Bertelur - Melahirkan - Bertelur-melahirkan o Memahami dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas - Membelah diri : protozoa - Bertunas : anemon laut, o Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar) - Merpati, elang, ayam, - Ikan, serangga dan amfibi o Memahami dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar) - Kucing, Anjing, sapi, kijang - Pesut, lumba-lumba, paus o Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar) o Menjelaskan ciri hewan bertelur dan melahirkan o Perkembanganbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua - Vegetatif - Generatif o Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif o Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan o Memahami perkembang biakan dengan stek o Memahami cara memelihara perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui penyerbukan. o Menyebutkan bagian-bagian bunga o Menjelaskan proses penyebukan dan pembuahan o Menyebutkan cara-cara penyerbukan | o Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak. o Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan. o Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak. o Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. o Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan. o Menjelaskan peran penyerbukan o Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok. | Tugas Individu Dan kelompok | Uraian Objektif Tugas Kegiatan | Tugas 2.3. Hlm.26 Tugas 2.4. Hlm.27 Tugas 2.5 Hlm. 32 Tugas 2.6. Hlm.34. Tugas 2.7. Hlm.39. Tugas.2.8. Hlm.41. | 16 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Tanaman jambu, mangga atau belimbing, tanah, pupuk kandang, pisau, gergaji, tali rafiah, polybag. |
2.4 Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia | Perkembangbiakan makhluk hidup E. Perkembangbiakan manusia. | o Memahami cara manusia berkembangbiak manusia o Menjelaskan proses perkembangbiak manusia Penyatuan sel telur dan sel sperma → pembuahan → embrio → perkembangan bayi dalam rahim → bayi o Mengetahui calon bayi memperoleh makan o Mengerjakan uji kompetensi dan latihan soal Hlm.48. | o Mengidentifikasi berbagai cara manusia berkembang biak. | Tugas Individu | Uraian Objektif | Latihan soal Uji kompetensi | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 12 x 30 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem) | Keseimbangan ekosistem A. Berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem. Hlm.53 | o Memahami peta konsep tentang keseimbangan ekosistem o Menyebutkan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem. - Penebangan dan pembakaran hutan - Penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan - Perburuan liar - Perusakan terumbu karang - Pembangunan industri (pabrik) o Menjelaskan dampak dari kegiatan manusia yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem o Siswa berdiskusi mengenai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem | o Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem, misalnya penggunaan bahan kimia dan penebangan hutan. o Meramalkan pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan, misalnya penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan. | Tugas Kelompok | Laporan Hasil diskusi Uraian Objektif | Tugas 3.1 Hlm.50 | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan | Keseimbangan ekosistem B. Mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan. Hlm.57 | o Memahami bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, - kayu jati (mebel, pintu, dan jendela) - kayu cendana (bahan keranjinan, kosmetik, minyak cendana) - batang gaharu (minyak astiri) - batang rotan (mebel dan kerajinan tangan) o Berdiskusi mengenai cara manusia memanfaatkan tunbuhan dengan bijaksana. | o Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, misalnya kayu jati dan kayu cendana*). o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan tumbuhan langkah. | Tugas Individu | Uraian Objektif | – | 2 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
3.3 Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan | Keseimbangan ekosistem B. Mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan. Hlm.57 | o Mengerjakan uji kompetensi o Memahami bagian hewan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, - Macan tutul dan harimau (mantel dan permadani) - Cenderawasih (topi) - Badak (cula) - Gajah (gading untuk hiasan rumah) o Berdiskusi mengenai cara manusia memanfaatkan tunbuhan dengan bijaksana. o Menyebutkan cara menanggulangi perburuan dan pemusnahan - Melindungi hewan dan tumbuhan langkah - Melakukan pembudidayaan hewan dan tumbuhan langkah - Menggunakan bahan pengganti dari tumbuhan, hewan ternak atau sintesis | o Mencari contoh bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenis hewan tersebut, seperti gading gajah dan kulit ular *). o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *). | Tugas Individu | Uraian Objektif | Uji Kompetensi Hlm. 59 Latihan soal Hlm.61 | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 10 x 30 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan | Pelestarian makhluk hidup A. Hewan dan tumbuhan langkah. | o Memahami peta konsep tentang Mengerjakn tugas 4.1 dan 4.2 o Memahami hewan dan tumbuhan yang hampir punah disebut hewan dan tumbuhan langkah o Menyebutkan hewan yang dilindungi - Burung cendrawasih - Burung jalak - Badak bercula satu - Harimau sumatera - Komodo - Panda gorila - Orang utan o Membuat daftar dengan tabel hewan dan tumbuhan yang dilindungi o Menyebutkan hewan yang dilindungi - Bunga bangkai raksasa - Bunga rafflesia - Jamblang - Kesemek - Cendana | o Mengumpulkan jenis hewan dan tumbuhan yangmendekati kepunahan | Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Tugas 4.1 Hlm. 69 Tugas 4.2 Hlm.70 | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat | Pelestarian makhluk hidup B. Pentingnya pelestarian makhluk hidup. | o Memahami peta konsep tentang hewan dan tumbuhan langkah o Memahami cara agar hewan dan tumbuhan tidak punah - Melindungi tempat hidupnya - Mengembangbiakkan - Melarang kepemilikan satwa yang dilindungi o Menyebutkan tempat lindung untuk hewan dan tumbuhan - Suaka margasatwa - Cagar alam - Taman nasional - Taman hutan raya - Taman wisata alam o Menyebutkan tempat khusus untuk mengembangbiakkan yaitu dengan membuat penangkaran, seperti penengkaran buaya o Mengerjakan uji kompetensi sebagai tolak ukur pemahaman materi keseimbangan ekositem | o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan membudidayakan tumbuhan langkah o Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya mengganti gading dengan gading tiruan, melarang perburuan hewan langka, membudidayakan hewan langka *). | Tugas Individu | Uraian Objektif | Uji kompetensi Hlm.74 Latihan soal Hlm.75 | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 14 x 30 menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda | Konduktor dan isolator panas A. Benda konduktor dan isolator panas. | o Memahami peta konsep tentang benda o Melakukan kegiatan 5.1 o Memahami peta konsep tentang benda o Memahami sifat-sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima benda tersebut. o Membedakan sifat benda konduktor dan isolator panas o Menjawab soal pada lembar kegiatan o Memahami peta konsep tentang benda o Menyebutkan beberapa benda yang tergolong konduktor - Sendok - Paku, o Menyebutkan beberapa benda yang tergolong isolator - Plastik - Kayu - Kertas - tembok | o Membedakan arti konduktor dan isolator. o Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas o Menggolongkan benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas. | Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Kegiatan 5.1 Hlm.80 | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Lilin, korek api, lidi, kawat, sendok logam, sendok plastik, pensil, ranting kayu, benda-benda lain. | ||||||
5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas | Konduktor dan isolator panas B. Bahan untuk membuat konduktor dan isolator panas. | o Mengerjakan tugas 5.1 o Menyebutkan kegunaan dari logam dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari
o Menyebutkan sifat dari kaca tembus pandang dan keras o Menyebutkan kegunaan dari kaca dan contoh benda dalam kehidupan sehari-hari o Mengulang materi sebelumnya o Menyebutkan sifat dari kayu dan plastik yaitu tidak menghantarkan panas o Menyebutkan kegunaan dari kayu dan plastik - Gagang payung - Gagagang wajan - Tatakan gelas o Menyebutkan sifat dari kain (bahan sandang) yaitu tidak menghantarkan panas o Menyebutkan kegunaan dari kain dan contoh benda di dapur pelapis saat tangan memegang paci dan penggorengan panas o Membuat daftar peralatan dapur yang terbuat dari isolator o Menyebutkan peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan konduktor dan isolator
| o Membuat daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor atau isolator. o Membedakan bahan-bahan yang bersifat konduktor atau isolator melalui pengamatan. | Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Tugas 5.1 Hlm.81 Uji kompetensi Hlm. 86 Latihan Soal Hlm. 87 | 10 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 14 x 30 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami faktor penyebab perubahan benda
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan | Perubahan pada benda A. Faktor penyebab perubahan benda. | o Memahami peta konsep tentang perubahan benda o Mengerjakan tugas 6.1 dan 6.2 o Menyebutkan penyebab perubahan benda - Pelapukan - Perkaratan - Pembusukan o Memahami proses pelapukan - Pelapukan biologi - Pelapukan fisika o Menyebutkan cara mencegah proses pelapukan o Memahami proses perkaratan o Menyebutkan cara mencegah perkaratan dengan diskusi o Memahami penyebab pembusukan pada makanan o Menyebutkan cara mencegah pembusukan - Memberi bahan pengawet - Memanaskan makanan - Mengasinkan makanan - Mengasapkan makanan - Menyimpan makan di kulkas o Menyebutkan bahan pengawet alami dan buatan | o Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya o Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan kondisi yang berbeda o Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu. o Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian. | Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Tugas 6.1 Hlm.95 Tugas 6.2 Hlm.97 | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Paku baru, air, gelas plastik, roti tawar, |
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari | Perubahan pada benda B. Faktor penentu dalam memilih benda atau bahan | o Memahami peta konsep perubahan pada benda o Melakukan kegiatan 6.1 o Menyebutkan kegunaan masing-masing benda sesuai dengan sifat-sifatnya o Mengerjakan uji kompetensi o Membahas latihan soal. Hlm.109 o Latihan ulangan semester. | o Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air. o Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. | Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Kegiatan 6.1 Hlm.101 Uji kompetensi Hlm.77 Latihan soal Hlm.105 Latihan ulangan umum Hlm.109 | 8 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Ember, cangkul, pintu rumah |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 16 x 30 menit
Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas) | Energi dan Perubahannya A. Gaya dan Benda | o Memahami peta konsep tentang gaya o Melakukan kegiatan 7.1, 7.2, dan 7.3 o Pemanfaatan gaya dalam berbagai peralatan : - Alat panah - Katapel - Jungkat-jungkit o Membahas kegiatan 7.2 dan 7.3 o Melakukan diskusi tentang kegiatan tersebut o Menagih tugas pertemuan sebelumnya o Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda o Menyebutkan alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak - Semakin sepeda - Mesin jahit - Alat timba air - Alat penggerek bendera o Memahami cara kerja dari alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak di atas. | o Membuat model untuk menunjukkan gaya pengaruh terhadap gerak, misalnya: membuat model jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit. o Memberi contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Kegiatan 7.1 Hlm.115 Kegiatan 7.2 Hlm.116 Kegiatan 7.3 Hlm.116 Tugas 7.1 Hlm.118 | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Bola plastik, ranting pohon berbentuk Y, tali karet, kulit bekas tas atau sepatu, pisau, batu kecil, papan dan batu bata. |
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik | Energi dan Perubahannya B. Energi listrik | o Memahami peta konsep tentang energi listrik o Mengerjakan kegiatan 7.4, 7.5, 7.6, 7.7, 7.8. o Mengerjakan uji kompetensi. dan Latihan soal. o Memahami prinsip kerja sumber energi listrik generator o Menyebutkan penggerak pembangkit listrik - Tenaga air - Tenaga diesel - Tenaga uap - Tenaga nuklir - Tenaga panas bumi - Tenaga matahari - Tenaga angin o Menjelaskan proses kerja pembangkit listrik o Memahami bagian dari baterai, aki dan dinamo sepeda o Memahami prinsip kerja sumber energi Baterai, Aki (akumulator) Dinamo sepeda o Menjelaskan perubahan energi listrik o Menyebutkan alat-alat yang menggunakan energi listrik o Mengelompokan benda yang menggunakan listrik dari PLTN o Mengelompokan benda yang menggunakan listrik dari baterai o Menyebutkan alat ukur listrik - Ohmmeter - Amperemeter - Voltmeter - AVO meter | o Menunjukkan gejala kelistrikan, misalnya : pengaruh menggosok benda. o Mengidentifikasi berbagai sumber energi listrik. o Membuat rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi. o Menggolongkan benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator listrik. o Menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik, misalnya energi listrik menjadi energi gerak, bunyi dan panas. o Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | kegiatan 7.4 Hlm.119 kegiatan 7.5 Hlm.122 kegiatan 7.6 Hlm.123 kegiatan 7.7 Hlm.124 kegiatan 7.8. Hlm.125 uji kompetensi Hlm.129 Latihan soal. Hlm.131 | 10 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Penggaris, kertas, buku - Kabel 50 cm, lampu 1,5 V, baterai |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 16 x 30 menit
Standar Kompetensi : 8. Memahami pentingnya penghematan energi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari | Menerapkan konsep energi gerak A. Penggunaan alat listrik B. Penggunaan bahan bakar C. Hemat energi | o Memahami peta konsep tentang listrik o Tugas 8.1 dan 8.2 o Menyebutkan alat yang menggunakan listrik sebagai sumber energi o Memahami cara menjaga keselamatan saat menggunakan listrik o Memahami peristiwa korsleting dan cara pencegahannya o Mengetahui fungsi dari sekring o Menyebutkan bahan bakar selain listrik o Memahami mengapa minyak tanah masih dipergunakan o Menyebutkan bahan bakar untuk berbagai transportasi o Memahami bahwa bahan bakar akan habis jika di pergunakan terus menerus o Memahami proses pembentukkan kembali bahan bakar fosil amat lama o Berdiskusi tentang hubungan antara dampak hemat energi terhadap polusi dan cara untuk menghemat energi | o Menunjukkan alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik. o Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga. o Mempraktikkan cara-cara menghemat energi di rumah atau di sekolah. o Memberikan alasan-alasan pentingnya menghemat energi, karena sumber energi di bumi jumlahnya terbatas. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan Uraian Objektif | Tugas 8.1 Hlm.125 Tugas 8.2 Hlm.126 | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Kertas karton, |
8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah) | Menerapkan konsep energi gerak D. Karya yang menggunakan energi listrik. Hlm.142. | o Memahami peta konsep pembuatan lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman o Menjelaskan kinerja dari karya lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman o Membuat laporan, dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan karya lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman o Mengerjakan uji kompetensi, dan latihan soal | o Menentukan karya yang akan dibuat. o Merancang suatu karya/alat yang menggunakan energi listrik, misalnya alarm, bel listrik, model lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan. o Mengidentifikasi alat dan bahan yang sesuai rancangan. o Mengidentifikasi hubungan antara benda/bahan yang digunakan dengan kinerja karyanya. o Menguji hasil rancangan. o Menyempurnakan karya yang dibuat untuk menghasilkan karya yang sesuai tujuan. | Tugas Individu Dan kelompok | Uraian Objektif | Uji kompetensi Hlm.146 Latihan Soal. Hlm.147 | 10 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Tiga lampu, tiga tempat lampu, 3 baterai 1.5 V, saklar, kabel, perekat. - Kawat, baut besar, besi lentur (10 cm), baterai, kaleng minum bekas, - Bel listrik, baterai, pemberat logam, gabus, pipa paralon, pisau dan papan. |
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 30 x 30 menit
Standar Kompetensi : 9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya | Bumi dan Alam Semesta A. Tata Surya (Hlm.153) | o Memahami peta konsep tentang tata surya o Mengetahui bahwa matahari adalah pusat dari tata surya yang di kelilingi olehplanet-planet. o Menyebutkan penyebab plenet-planet mengelilingi matahari o Membuat keterangan mengenai matahari o Memahami perbedaan antara planet dengan matahari o Menyebutkan planet-palanet yang mengelilingi matahari o Menagih tugas pertemuan sebelumnya o Memahami pengertian dari - Orbit - Revolusi - Rotasi o Mengetahui kala revolusi dan rotasi suatu planet o Memahami pengelompokkan planet luar dan planet dalam o Mengetahui cara melihat planet dengan teleskop o Memahami sifat dan keadaan planet : Merkurius, Venus , Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus o Memahami peta konsep tentang tata surya o Memahami sifat dan keadaan benda langit seperti : - Meteor dan meteorid - Komet - Asteroid dan Planetoid - Satelit | o Mengenali planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari. o Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya. o Mendeskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya. o Membuat perbandingan ukuran anggota-anggota tata surya dengan skala yang tepat *). | Tugas Individu | Uraian Objektif | Tugas 9.1 Hlm 162 | 12 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan | Bumi dan Alam Semesta B. Gerakan Bumi dan Bulan (Hlm.166) | o Memahami peta konsep tentang gerak bumi o Melakukan kegiatan 9.1,9.2, 9.3 o Memahami analogi rotasi bumi dengan sebuah gasing o Mengetahui lamanya rotasi bumi selama sehari adalah 24 jam o Menjelaskan pengaruh rotasi - Terjadinya siang dan malam - Terjadinya gerak semu harian bintang - Terjadinya perbedaan waktu o Memahami bahwa bumi beredar mengelilingi matahari o Mengetahui kemiringan bumi saat megitari matahari yaitu 23½° dari garis tegak lurus pada ekliptika o Menjelaskan pengaruh revolusi bumi yaitu terjadinya perubahan musimdibelahan bumi utara dan belahan bumi selatan o Menjelaskan pergerakan bulan dalam peredarannya - Berputar pada porosnya - Mengelilingi bumi (berevolusi) - Bulan dan bumi mengelilingi matahari o Mengetahui kedudukan revolusi bulan, dengan memahami fase-fase bulan | o Mendemonstrasikan dengan menggunakan model peristiwa rotasi bumi . o Mendeskripsikan akibat peristiwa rotasi bumi dengan menggunakan model misal: terjadinya siang dan malam dan perbedaan waktu. o Mendemonstrasikan gerakan bumi mengelilingi matahari (revolusi). o Memperagakan dengan menggunakan model revolusi bulan mengelilingi bumi. | Tugas Individu dan kelompok | Uraian Objektif | Kegiatan 9.1 Hlm.167 Kegiatan 9.2 Hlm.170 Kegiatan 9.3 Hlm 173 | 6 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Globe, lampu senter - Bola kaki, kertas spidol, selotip |
9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari | Bumi dan Alam Semesta C. Gerhana bulan dan matahari (Hlm.175) | o Memahami peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi o Melakukan kegiatan 9.4 dan 9.5 o Memahami istilah dari : - Umbra - Penumbra o Menjelaskan penyebab gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian o Memahami peta konsep tentang gerakan bulan dan bumi o Memahami hal-hal penting mengenai gerhana matahari - Gerhana matahari hanya mungkin terjadi pada saat bulan baru - Bagian matahari yang tertutuplebih dahulu adalah bagian sebelah kanan (barat) - Gerhana matahari total paling lama berlangsung selama 7 menit - Gerhana matahari hanya dialami oleh sebagian bumi pada siang hari | o Menggambarkan terjadinya gerhana bulan dan matahari. o o Mengenali beberapa bentuk gerhana matahari dan bulan menggunakan model atau charta. | Tugas Individu dan kelompok | Uraian Objektif | Kegiatan 9.4 Hlm.177 Kegiatan 9.5 Hlm 178 | 4 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - Bola besar, bola kecil, senter |
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah | Bumi dan Alam Semesta D. Sistem penanggalan (Hlm.180) | o Memahami peta konsep tentang sistem penanggalan o Memahami sistem penanggalan: - Tahun masehi atau tahun syamsiah - Tahun komariyah atau tahun hijriyah o Menyebutkan nama-nama bulan pada tahun masehi o Menyebutkan nama-nama bulan pada tahun komariyah o Melakukan tugas 9.2. Hlm.181 o Melakukan uji kompetensi. o Membahas latihan soal o Membahas latihan ulangan semester | o Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi bumi. o Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah. | Tugas Individu | Uraian Objektif | Tugas 9.2 Hlm.181 Tugas 9.3 Hlm.182 Uji kompetensi Hlm.184 Latihan soal Hlm. 186 Latihan ulangan umum Hlm. 191 | 8 jp | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI Alat: - |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | | Jakarta, Guru Mata Pelajaran ( ) |
0 komentar:
Posting Komentar