HOME SKRIPSI MAKALAH SOFTWARE NUPTK NISN FACEBOOK MUSIK

Daftar Isi



Program Sains semester 1 & 2


PROGRAM SEMESTER 1

Mata Pelajaran         : SAINS
Satuan Pendidikan : MI AS-SYAFI’IYAH 08
Kelas / Semester      : IV / 1 (satu)
Tahun Pelajaran      : 2010–2011

No.
Kompetisi Dasar
Materi
Alok
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Pokok
Waktu
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4

1.

1.1  Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2  Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
1.3  Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
1.4  Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera


Rangka dan Panca Indera Manusia
o    Bagian rangka
o    Fungsi rangka
o    Memelihara rangka
o    Mengenal Alat Indera Manusia
o    Mengenal, Merawat dan memelihara kesehatan Alat Indera Manusia




























2.

2.1  Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
2.2  Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3  Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya
2.4  Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya


Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan
o    Akar
o    Batang
o    Daun
o    Bagian Lain Tumbuhan




























3.

3.1  Mengidentifikasi jenis makanan hewan.
3.2  Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya


Menggolongkan Hewan
o    Menggolongkan Hewan
o    Berbagai Jenis Makan Hewan
o    Menggolongkan Hewan




























MID SEMESTER




























4.

4.1   Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupukupu, kucing.
4.2   Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan


Daur Hidup Hewan
o    Daur Hidup Tanpa Metamorfosis
o    Daur Hidup dengan Metamorfosis
o    Memelihara Hewan Peliharaan




























5.

5.1   Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)
5.2   Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya


Makhluk Hidup dan Lingkungannya
o    Hubungan antar makhluk hidup
o    Rantai makanan
o    Hubungan makhluk hidup dalam ekosistem.
o    Pengaruh perubahan lingkungan.




























6.

6.1  Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
6.2  Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair ® padat ® cair; cair ® gas ® cair; padat ® gas.
6.3  Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya

Benda
o    Sifat berbagai wujud benda.
o    Benda dapat melarutkan benda lain.
o    Perubahan wujud benda
o    Sifat bahan dan kegunaanya.
o    Benda di buat dari berbagai bahan.




























UJIAN AKHIR SEMESTER



























JUMLAH




























Mengetahui
Kepala Sekolah




( Nunung Maliah, S.Pd.I )                                  

Jakarta,                        2010  
Guru Mata Pelajaran




( Dayat Hidayat, A.Ma )

PROGRAM SEMESTER 2
Mata Pelajaran         : SAINS
Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas / Semester      : IV / 2 (dua)
Tahun Pelajaran      : 2007–2008

No.
Kompetisi Dasar
Materi
Alok
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Pokok
Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4

1.

7.1  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
7.2  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda


GAYA
o    Gaya Mempengaruhi Bentuk Benda
o    Gaya Mempengaruhi Bentuk Benda




























2.

8.1  Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
8.2  Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya
8.3  Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut


Energi dan penggunaannya
o    Energi Panas
o    Energi Bunyi
o    Energi Alternatif
o    Karya dengan Menerapkan Konsep Perubahan Energi Gerak.
o    Karya dengan Menerapkan Konsep Bunyi




























3.

9.1  Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.
9.2  Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.



Perubahan kenampakan bumi dan benda langit
o    Perubahan kenampakan bumi
o    Perubahan kenampakan benda-benda langit.






























MID SEMESTER





























4.



10.1    Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).

10.2    Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)

10.3    Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)


Perubahan Lingkungan
o    Pengaruh Angin
o    Pengarug Hujan
o    Pengaruh Matahari
o    Pengaruh Gelombang Laut



























5.

11.1    Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan

11.2    Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan

11.3    Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan


Sumber Daya Alam

A.    Kelompok benda berdasarkan asalnya.
B.    Proses pembutan benda.
C.    Dampak pengambilan bahan alam tanpa pelestarian.
D.    Menghemat energi dan mengurangi pencemaran




























UJIAN AKHIR SEMESTER



























JUMLAH




























Mengetahui
Kepala Sekolah




( Nunung Maliah, S.Pd.I )                                  

Jakarta,                        2010  
Guru Mata Pelajaran




( Dayat Hidayat, A.Ma )


PROGRAM SEMESTER 1

Mata Pelajaran         : SAINS
Satuan Pendidikan : MI AS-SYAFI’IYAH 08
Kelas / Semester      : V / 1 (satu)
Tahun Pelajaran      : 2007–2008

No.
Kompetisi Dasar
Materi
Alok
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Pokok
Waktu
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4

1.

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.1   Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia

1.2   Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah

1.3   Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan

1.4   Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia

1.5   Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia


ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN

A.     Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (Hlm.3)

B.    Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia. (Hlm.13)

C.    Hubungan Makanan Dan Kesehatan (Hlm.21))

D.    Alat Peredaran Darah Pada Manusia. (Hlm.28)





























2.

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.1  Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan

2.2  Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan

TUMBUHAN HIJAU

A.    Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau (Hlm.43)

B.    Manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan hijau. (Hlm.48)

C.    Keadaan dunia tanpa tumbuhan hijau. (Hlm.52)





























MID SEMESTER




























3.

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

3.1  Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup

3.2  Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup


PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA


A.    Penyesuaian dengan lingkungannya (Hlm.56)

B.    Penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya (Hlm.65)





























4.

Benda dan Sifatnya

4.1  Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas

4.2  Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap


Benda dan sifatnya

A.    Penyusun bahan tali temali. (Hlm.75)

B.    Kekuatan bahan tali temali (Hlm.79)

C.    Sifat tali temali. (Hlm.80)

D.   Perubahan sifat benda (Hlm.81)

E.    Perubahan wujud yang dapat kembali dan tidak dapat kembali (Hlm.85)





























UJIAN AKHIR SEMESTER



























JUMLAH





























Mengetahui
Kepala Sekolah




( Nunung Maliah, S.Pd.I )                                  

Jakarta,                        2010  
Guru Mata Pelajaran




( Dayat Hidayat, A.Ma )
PROGRAM SEMESTER 2
Mata Pelajaran         : SAINS
Satuan Pendidikan : MI AS-SYAFI’IYAH
Kelas / Semester      : V / 2 (dua)
Tahun Pelajaran      : 2010–2011

No.
Kompetisi Dasar
Materi
Alok
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Pokok
Waktu
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4

5.

Energi dan Perubahannya

5.1   Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

5.2   Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat


ENERGI DAN PERUBAHANNYA

A.    Gaya magnet (Hlm.102)

B.    Gaya gravitasi (Hlm.114)

C.    Gaya gesekan (Hlm.116)

D.    Pesawat sederhana (Hlm.120)

E.    Jenis-jenis pesawat sederhana (Hlm.120)
































6.


Energi dan Perubahannya

6.1   Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

6.2   Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifatsifat cahaya







CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA

A.    Sifat cahaya (Hlm.141)

B.    Antara cahaya dan penglihatan saling berhubungan. (Hlm.150)

C.    Karya berteknologi sederhana (hlm.155)





























MID SEMESTER





























7.



Bumi dan Alam Semesta
7.1   Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan

7.2   Mengidentifikasi jenis-jenis tanah

7.3   Mendeskripsikan struktur bumi

7.4   Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya

7.5   Mendeskripsikan perlunya penghematan air

7.6   Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan

7.7   Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)



Bumi dan Alam Semesta

A.    Mengenal Struktur Bumi. (Hlm.170)

B.    Proses pembentukan tanah. (Hlm.171)

C.    Daur Air. (Hlm.178)

D.    Peristiwa Alam di Indonesia       (Hlm. 182)

E.    Sumber daya Alam yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbaharui. (Hlm.185)

F.     Cara menggunakan sumber daya alam. (Hlm.189)





























UJIAN AKHIR SEMESTER



























JUMLAH




























Mengetahui
Kepala Sekolah




( Nunung Maliah, S.Pd.I )                                  

Jakarta,                        2011  
Guru Mata Pelajaran




( Dayat Hidayat, A.Ma )


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More